Rabu, 19 September 2012

Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Informasi Kesehatan Alami {kesehatanalami92.blogspot.com}

Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening >> Anda mencari informasi seputar kesehatan alami mengenai penyakit kelenjar getah bening serta mengenai hal-hal yang berkaitan seperti mengenal apa saja penyebab dan gejala dari penyakit kanker kelenjar getah bening, untuk informasi atau ulasan selengkapnya silahkan simak ulasanya berikut ini :

Mengenal Kanker Kelenjar Getah Bening

Kenker kelenjar getah bening ini banyak disebut dengan limfoma. Tipe kanker kelenjar getah bening ini adalah yang menyerang sebagian besar sel darah putih atau eukosit yang ada di dalam kelenjar getah bening.

Kanker kelenjar getah bening ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan. Benjolan ini terasa kenyal. Benjolan ini tidak menyebabkan rasa sakit atau pun rasa nyeri. Benjolan ini pun terkadang sangat gampang untuk kita gerak-gerakkan.
kanker kelenjar getah bening adalah jenis kanker yang tak ganas. Jenis kanker ini masih dapat untuk diobati. Bahkan dapat dikatakan bahwa kanker kelenjar getah bening adalah jenis kanker yang paling mudah untuk diobati.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening di area mana saja bisa mengindikasikan adanya infeksi, kanker, atau penyakit lain yang berhubungan dengan sistem getah bening. Kebanyakan, pembengkakan kelenjar getah bening berhubungan dengan infeksi ringan yang sedang dihadapi oleh sistem kekebalan tubuh. Misalnya, demam atau infeksi pada gigi. Adapun area kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan biasanya adalah kelenjar getah bening yang paling dekat dengan area terjadinya infeksi. Misalnya, infeksi gigi bisa membuat kelenjar getah bening yang ada di sekitar leher membengkak.
Dengan sendirinya, atau dengan pengobatan tertentu, pembengkakan kelenjar getah bening seperti ini akan mengecil dan kembali ke ukuran normal. Akan tetapi, jika bulatan atau benjolan yang teraba pada tubuh tersebut diam dan keras untuk waktu yang relatif lama, ini biasanya berhubungan dengan kanker atau tumor. 

Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah bening
  • Kadang-kadang terlihat infeksi pada kulit, kemerah-merahan, sakit dada.
  • Batuk parah
  • Pembesaran di semua kelenjar getah bening (misalnya, pada HIV dan lupus)
  • Gejala pembengkakan kelenjar getah bening bergantung pada lokasi kelenjar getah bening itu sendiri.
  • Adanya infeksi saluran pernapasan atas (seperti hidung meler, sakit tenggorokan, dan demam), sakit leher, telinga, atau di bawah pipi.
Faktor Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
  1. Infeksi
    Mekanisme pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi adalah dengan cara peningkatan jumlah sel darah putih (limfosit) dengan cara multiplikasi sebagai respons atas adanya zat asing ke dalam tubuh (antigen).
  2. Virus
    Reaksi pertahanan terhadap infeksi yang umum diakibatkan oleh virus biasanya berupa demam yang menyertai pembengkakan kelenjar getah beningnya.
  3. Peradangan
    Mekanisme peradangan terjadi selama infeksi kelenjar getah bening oleh zat-zat asing. Peradangan merupakan suatu bentuk sel darah putih yang mati oleh zat asing.
  4. Kanker
    Mekanisme penyusupan sel-sel kanker pada kelenjar getah bening juga sering menyebabkan pembengkakan. Bahkan, kelenjar getah bening yang bengkak bisa menjadi keras dan bisa menyebar ke kelenjar getah bening di tempat-tempat yang lain.
  5. Kanker Darah
    Kanker darah mungkin tidak terlihat seperti kanker biasa yang membuat kelenjar getah bening bengkak. Akan tetapi, pada kanker darah, produksi limfosit di kelenjar getah bening sangat banyak dan tidak terkontrol. Keadaan ini kita sebut sebagai limfoma atau leukemia.
Sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui atau untuk mengenali penyakit kanker kelenjar getah bening, walaupun jenis penyakit ini masih asing akan tetapi kita dapat mengetahuinya dari beberap sumber.
Demikianlah informasi untuk mengenal pnyebab dan gejala penyakit kanker kelenjar getah bening semoga dengan kita mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kanker kelenjar getah bening bisa kita hindari dan kita dapat mencegah sehingga tidak terjangkit penyakit kanker kelenjar getah bening. silahkan simak pua informasi lainya yaitu mengenai >> Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Stroke

0 komentar:

Posting Komentar