Jumat, 07 September 2012

Kenali Penyebab Gejala Diabetes Melitus

Kenali Penyebab Gejala Diabetes Melitus >> berikut ini merupakan informasi yang menyajikan informasi seputar penjelasan penyakit diabetes melitus dan hal-hal lain yang berkaitan dengan diabetes melitus seperti mengetahui penyebab dan gejala dari penyakit diabetes melitus.

Defnisi Diabetes Melitus
Penyakit diabetes melitus atau kencing manis merupakan suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah hal ini disebabkan karena gula darah tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh sebagai sumber energi karena kurangnya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas atau tidak berfungsinya hormon insulin dalam menyerap gula secara maksimal oleh sebab itu penyakit ini juga biasa disebut sebagai penyakit gula darah

Type Penyakit Diabetes Melitus
Diabetes yang timbul akibat kekurangan insulin disebut DM tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM). Sedang diabetes karena insulin tidak berfungsi dengan baik disebut DM tipe 2 atau Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).
  1. Diabetes Tipe 1 dipercaya sebagai penyakit autoimun, di mana sistem imun tubuh sendiri secara spesifik menyerang dan merusak sel-sel penghasil insulin yang terdapat pada pankreas. Belum diketahui hal apa yang memicu terjadinya kejadian autoimun ini, namun bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa faktor genetik dan faktor lingkungan seperti infeksi virus tertentu berperan dalam prosesnya. Walaupun diabetes tipe 1 berhubungan dengan faktor genetik, namun faktor genetik lebih banyak berperan pada kejadian diabetes tipe 2.
  2. Diabetes tipe 2 diduga disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Banyak pasien diabetes tipe 2 memiliki anggota keluarga yang juga menderita diabetes tipe 2 atau masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan diabetes, misalnya kolesterol darah yang tinggi, tekanan darah tinggi (hipertensi) atau obesitas. Keturunan ras Hispanik, Afrika dan Asia memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menderita diabetes tipe 2. Sedangkan faktor lingkungan yang mempengaruhi risiko menderita diabetes tipe 2 adalah makanan dan aktivitas fisik kita sehari-hari.
     
Berikut beberapa faktor penyebab terjadiny penyakit diabetes tipe 2 :
  • Riwayat keluarga inti menderita diabetes tipe 2 (orang tua atau kakak atau adik)
  • Tekanan darah tinggi (>140/90 mm Hg)
  • Dislipidemia: kadar trigliserida (lemak) dalam darah yang tinggi (>150mg/dl) atau kadar kolesterol HDL <40mg/dl
  • Riwayat Toleransi Glukosa Terganggu (TGT) atau Glukosa Darah Puasa Terganggu (GDPT)
  • Riwayat menderita diabetes gestasional atau riwayat melahirkan bayi dengan berat lahir lebih dari 4.500 gram
  • Makanan tinggi lemak, tinggi kalori
  • Gaya hidup tidak aktif (sedentary)
  • Obesitas atau berat badan berlebih (berat badan 120% dari berat badan ideal)
  • Usia tua, di mana risiko mulai meningkat secara signifikan pada usia 45 tahun
  • Riwayat menderita polycystic ovarian syndrome, di mana terjadi juga resistensi insulin
Gejala Penyakit Diabetes Melitus :
Pada tahap awal gejala diabetes melitus belum dapat dirasakan baru diketehui setelah dilakukan pemeriksaan labolatorium.

Pada tahap lanjut gejala diabetes melitus dapat terlihat seperti berikut :
> Rasa haus
> Banyak kencing
> Berat badan turun
> Rasa lapar
> Badan lemas
> Rasa gatal
> Kesemutan
> Mata kabur
> Kulit Kering
> Gairah sex lemah

Komplikasi :
> Penglihatan kabur
> Penyakit jantung
> Penyakit ginjal
> Gangguan kulit dan syaraf
> Pembusukan
> Gairah sex menurun

Demikianlah sajian informasi yang menjelaskan diabetes melitus yang bertujuan untuklebih mengenal akan penyakit diabetes melitus serta mengenal apa saja penyebab ataupun gejala dari penyakit diabetes melitus yang perlu diketahui agar kita bisa menghindari apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes melitus, maka dari itu selaku admin saya seagai penyaji informasi berharap semoga denganadanya informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua terutama sebagai sarana untuk menambah pengetahuan seputar penyakit diabetes melitus. 
simak pula artikel lainya yang menyajikan informasi seputar >> Penyakit Darah Tinggi

Informasi Seputar Penyakit Diabetes Melitus >> Kesehatan Alami

0 komentar:

Posting Komentar