Selasa, 11 September 2012

Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Stroke

Informasi Seputar Kesehatan Alami {kesehatanalami92}
Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Stroke, Berikut ini merupakan artikel yang akan menyajikan informasi mengenai penyakit stroke beserta penjelasanya untuk mengenal apa itu penyakit stroke, penyebab penyakit stroke dan gejala penyakit stroke, untuk informasi selengkapnya silahkan simak penjelasanya berikut.
Definisi Penyakit Stroke
Penyakit stroke merupakan gejala gangguan fungsi saraf yang terjadi mendadak akibat pasokan darah ke suatu bagian otak sehingga peredaran darah ke otak terganggu. kurangnya aliran darah dan oksigen menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak sehingga menyebabkan kelumpuhan anggota gerak, gangguan bicara, penurunan kesadaran.

Dahulu penyakit ini hanya diderita oleh para lansia dikarenakan proses penuaan menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit (arteriosclerosis). akan tetapi dengan berkembangnya peradaban dan tekhnologi ini, penyakit stroke bukan hanya lansia akan tetapi kecenderungan stroke mengancam usia produktif  karena kurangnya perhatian pada pola makan sehat tanpa memperhatikan kandungan kadar kolesterol tinggi atau tidak .
Di indonesia penyakit stroke  merupakan penyakit nomor tiga yang mematikan setelah penyakit jantung, kanker dan sebagian besar serangan strok ini terjadi secara mendadak, berlangsung sangat cepat dan menyebabkan kerusakan otak dalam beberapa menit (completed stroke). Kemudian stroke bertambah buruk dalam beberapa jamdan dalam 1 – 2 hari kematian jaringan otak meluas (stroke in evolution)
Mengenal Faktor Penyebab Penyakit Stroke 
Faktor resiko medis, antara lain Hipertensi (penyakit tekanan darah tinggi), Kolesterol, Aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), Gangguan jantung, diabetes, Riwayat stroke dalam keluarga, Migrain.
Faktor resiko perilaku, antara lain Merokok (aktif & pasif), Makanan tidak sehat (junk food, fast food), Alkohol, Kurang olahraga, Mendengkur, Kontrasepsi oral, Narkoba, Obesitas.
80% pemicu stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis, Menurut statistik. 93% pengidap penyakit trombosis ada hubungannya dengan penyakit tekanan darah tinggi.
Pemicu stroke pada dasarnya adalah, suasana hati yang tidak nyaman (marah-marah), terlalu banyak minum alkohol, merokok dan senang mengkonsumsi makanan yang berlemak. 
Mengenal Gejala Penyakit Stroke
Berdasarkan lokasinya didalm tubuh gejala-gejala penyakit stroke terbagi kedalam :
  1. Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot (hemiplegia), kaku, menurunnya fungsi sensorik
  2. Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial: menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
  3. Cerebral cortex: aphasia, apraxia, daya ingat menurun, hemineglect, kebingungan. 
Jika tanda-tanda dan gejala tersebut hilang dalam waktu 24 jam, dinyatakan sebagai Transient Ischemic Attack (TIA), dimana merupakan serangan kecil atau serangan awal stroke.  

Itulah sajian informasi seputar penjelasan penyakit stroke yang dapat kami sampikan melalui artikel kali ini, semoga dengan adanya sajian informasi untuk kenali penyebab dan gejala penyakit stroke ini bisa berguna, serta bermanfaat bagi Anda semua terutama bagi Anda semua yang mencari informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penyakit stroke.
Silahkan untuk menyimak pula informasi artikel kesehatan lainya menyajikan informasi seputar >> Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung

0 komentar:

Posting Komentar